Tempe makanan asli Indonesia

by - 7:10 AM

Siapa yang tau asal makanan tempe dari mana?
Yes, pasti Indonesia.


Beberapa hari yang lalu PERGIZI PANGAN Indonesia yang diketuai oleh Prof Hardin dan juga Forum Tempe Indonesia yang diketuai oleh Prof Made Astawan berhasil mengadakan workshop ke II mengenai pengajuan Tempe sebagai World Intangible Cultural Heritage of Humanity. Beruntung sekali saya bisa menghadiri kedua workshop tersebut.

Tempe ini merupakan makanan yang memiliki nilai budaya dan ekonomi bangsa Indonesia. Sejak zaman dahulu tempe sudah masuk ke dalam buku serat centhini, artinya tempe ini sudah sejak ber abad-abad lalu sudah ada di Indonesia dan juga peninggalan-peninggalan terkait tempe ada di candi-candi. Dari segi nilai ekonomi, saat ini tercatat 100.000 pengerajin tempe sudah ada Indonesia, bahkan di luar negeri sudah banyak pengerajin tempe.

Beberapa hari yang lalu saya sempat ke toko buku di Jakarta, baru terbit mengenai tempe di eropa. Ternyata kepedulian masyarakat terhadap tempe makin mendukung, bahkan bisa menjadi jutawan.

Saya bangga menjadi bangsa Indonesia !
Bangsa yang menghargai nilai budaya dan seni yang tinggi.

Berharap ke depan Indonesia juga akan memiliki "Museum Tempe".

Di luar negeri makanan tempe ini sudah banyak tau bahwa berasal dari Indonesia. Nah, jika kalau tidak di ajukan ke UNESCO khawatir akan di klaim oleh negara-negara lain. Saat workshop, Prof FG Winarno juga mengatakan bahwa dari segi bioteknologi, tempe ini memiliki kaya manfaat bagi tubuh. Mantaaap,, hehe

So, sebagai bangasa Indonesia saya mendukung Tempe sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity.
Kalau menurutmu?

Salam Tempe,
Nazhif Gifari, SGz


You May Also Like

0 comments